Pesta Makan dan Hirarki Kebutuhan Maslow

Di luar dorongan fisik untuk makanan atau air, tempat berlindung dan keamanan, apa yang memotivasi perilaku kita?

Menurut psikolog humanis Abraham Maslow, tindakan kita termotivasi untuk mencapai kebutuhan tertentu. Hierarki-nya menunjukkan bahwa orang-orang termotivasi untuk memenuhi kebutuhan dasar sebelum beralih ke kebutuhan lain yang lebih maju.

Model hierarki kebutuhannya sering ditampilkan sebagai piramida, dengan level terendah atau dasar piramida menjadi kebutuhan manusia paling dasar. Kebutuhan kita yang lebih kompleks ada di puncak piramida.

Singkatnya, itu berarti bahwa kebutuhan dasar kita harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum kita dapat melanjutkan untuk memenuhi kebutuhan yang lebih kompleks. Misalnya, sulit untuk berfokus pada harga diri jika Anda kelaparan.

Ketika kita memenuhi kebutuhan dasar kita, kita naik piramida. Kebutuhan kita menjadi lebih bersifat psikologis dan sosial daripada fisik. Segera, kebutuhan kita akan cinta, persahabatan, dan keintiman menjadi penting bagi kesejahteraan dan kesehatan kita secara keseluruhan. Kemudian, kebutuhan kita akan harga diri pribadi dan kemampuan untuk mencapai tujuan menjadi penting.

Maslow menempatkan aktualisasi diri di bagian paling atas, yang merupakan “kebutuhan” tertinggi manusia, kebutuhan untuk tumbuh dan berkembang sebagai pribadi untuk mencapai potensi penuh Anda.

Memang, jika Anda merasa bosan dengan kecepatan rutinitas sehari-hari Anda, gatal untuk sesuatu yang “lebih dalam” atau “lebih besar” untuk hidup Anda, maka Anda mengalami kebutuhan aktualisasi diri Anda.

Abraham Maslow berteori kebutuhan fisik, keamanan, sosial, dan penghargaan adalah kebutuhan kekurangan (juga dikenal sebagai kebutuhan-D), yang berarti bahwa kebutuhan ini muncul karena kekurangan.

Tingkat tertinggi piramida dianggap sebagai kebutuhan pertumbuhan (juga dikenal sebagai kebutuhan atau kebutuhan-B). Kebutuhan pertumbuhan tidak berasal dari kurangnya sesuatu, tetapi lebih dari keinginan untuk berkembang sebagai pribadi.

Kekurangan, atau kebutuhan dasar dikatakan memotivasi orang ketika mereka tidak terpenuhi. Juga, kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan seperti itu akan menjadi lebih kuat semakin lama durasi mereka ditolak. Misalnya, semakin lama seseorang pergi tanpa makanan semakin lapar mereka akan menjadi.

Awalnya, model ini keluar pada tahun 1943, kemudian direvisi pada tahun 1954. Kemudian diperluas untuk mencakup kebutuhan kognitif, estetika dan transendensi pada tahun 1970-an.

Inilah model Maslow, yang sesuai dengan semua kebutuhan yang disertakan:

1. Kebutuhan Biologis dan Fisiologis – udara, makanan, minuman, tempat tinggal, kehangatan, jenis kelamin, tidur, dll.
2. Kebutuhan Keselamatan – perlindungan dari elemen, keamanan, ketertiban, hukum, stabilitas, dll.
3. Kebutuhan Sosial – Milik dan Cinta, – kelompok kerja, keluarga, kasih sayang, hubungan, dll.
4. Kebutuhan Harga – harga diri, prestasi, penguasaan, independensi, status, dominasi, prestise, tanggung jawab manajerial, dll.
5. Kebutuhan Kognitif – pengetahuan, makna, dll.
6. Kebutuhan Estetika – penghargaan dan pencarian kecantikan, keseimbangan, bentuk, dll.
7. Kebutuhan Aktualisasi Diri – mewujudkan potensi pribadi, pemenuhan diri, mencari pertumbuhan pribadi dan pengalaman puncak.
8. Kebutuhan Transendensi – membantu orang lain untuk mencapai aktualisasi diri.
Sekarang, bagaimana hubungannya dengan makan?

Model Maslow menunjukkan kebutuhan yang mendorong perilaku kita … dan, karena makan berlebihan atau makan berlebihan sering kali bukan karena kelaparan fisik, itu perilaku yang didorong dari kebutuhan lain.

Pesta makan umumnya dimotivasi dari sesuatu yang biasanya tidak jelas. Ini sering kali merupakan akibat dari kebiasaan atau reaksi terhadap sesuatu yang emosional atau situasional: stres, kecemasan, kebosanan, kesepian, rasa bersalah, rasa malu, kemarahan … Anda mendapatkan idenya.

Jika itu menjadi reaksi kebiasaan, mungkin tidak ada hubungan yang jelas dengan emosi atau situasi. Mungkin itu yang biasa Anda lakukan.

Jika Anda menemukan diri Anda makan berlebihan secara teratur dan merasa jijik pada diri sendiri karena “lemah” atau “tidak memiliki kendali” di sekitar makanan … mundur sejenak untuk melihat 8 kebutuhan manusia di atas. Apakah ada kebutuhan di mana Anda tidak sepenuhnya terpenuhi?

Mungkin Anda merasa stagnan. Atau seperti hidup Anda ada di pilot otomatis. Mungkin Anda kehilangan kecantikan dan keseimbangan. Mungkin ada hubungan yang tidak seperti yang Anda inginkan.

Mengambil tindakan

Selama 8 hari berikutnya, fokuslah pada salah satu dari 8 kebutuhan yang tercantum dalam hierarki Maslow. Rencanakan dan lakukan apa pun yang membuat Anda merasa paling puas di bidang itu pada hari itu. Beri makan diri Anda pada level itu.

Perhatikan perilaku makan Anda saat Anda melakukan upaya sadar untuk memenuhi kebutuhan Anda di berbagai tingkatan. Apakah Anda merasa lebih lapar dari sebelumnya? Apakah Anda merasa terinspirasi untuk mencoba sesuatu yang baru? Apakah Anda tidak merasakan ketagihan seperti biasanya?

Saya sangat ingin tahu. Bagi saya sendiri, setelah mengutak-atik ini, saya menyadari bahwa sering kali kebutuhan sosial, penghargaan atau aktualisasi diri yang dapat membuat saya merasa gelisah atau tidak terpenuhi. Dan ketika saya merasa tidak terpenuhi … sangat mudah untuk mengisi dengan makanan bahkan tanpa memikirkannya.

Menyediakan Berbagai Obat Herbal NASA
Save No WA : 085-726-366-155



Source by Chelsea Lorynn O'Brien

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

%d blogger menyukai ini: