Hindari Sakit Punggung Saat Memainkan Piano

Mekanik postur dan tubuh yang tepat sangat penting untuk menghindari sakit punggung, leher dan bahu. Untuk pemain piano, dua hal penting ini membuat perbedaan antara penderitaan melalui musik Anda dan sepenuhnya menikmati pengalaman.

Seorang musisi mempelajari instrumen dan dirinya sendiri ketika mengembangkan gaya musiknya. Bagian dari studi ini untuk pianis harus melibatkan bagaimana Anda memegang tubuh Anda dan bagaimana Anda berinteraksi dengan piano. Bentuk yang tepat dan kemudahan bergerak akan mengurangi rasa sakit dan meningkatkan permainan Anda.

Bentuk piano

Postur adalah salah satu penentu utama ketegangan otot. Postur tubuh buruk ketika otot dipegang pada panjang yang tidak normal. Kiat-kiat berikut akan membantu Anda mempertahankan postur yang benar di piano, sehingga mengurangi ketegangan otot.

1. Jangan membungkuk sehingga wajah Anda sejajar dengan tombol. Beberapa melakukan ini hanya karena itu membuatnya lebih mudah untuk melihat kunci; yang lain mungkin melakukannya secara tidak sadar karena stres konsentrasi. Duduk tegak dan gunakan mata Anda alih-alih leher Anda untuk melihat ke bawah.

2. Jaga agar bahu Anda tetap rendah dan longgar. Meregangkan dan mengangkat bahu adalah salah satu kesalahan postur tubuh yang paling umum dilakukan ketika mereka berkonsentrasi, terutama saat menggunakan lengan mereka.

3. Lengan Anda harus sejajar dengan lantai. Siku Anda harus sedikit di depan garis tengah Anda. Saat Anda menggerakkan lengan Anda ke atas dan ke bawah papan ketik, berusahalah untuk menjaga siku dan tangan saling sejajar. Tip postur ini akan membantu mengurangi ketegangan pada lengan dan bahu.

4. Ketika Anda perlu menjangkau melampaui tombol di depan Anda, bergeraklah dari pinggul Anda daripada dari belakang. Ini lebih mudah dilakukan jika Anda duduk di bagian depan bangku Anda, yang membebaskan persendian pinggul karena area paha yang lebih sedikit tertambat oleh bangku.

5. Kaki harus rata di lantai. Jika kaki tidak menopang kaki, pinggul dan punggung bawah harus.

Ergonomi

Stasiun piano Anda harus diatur dengan kapasitas ergonomis berikut untuk memfasilitasi postur yang benar.

1. Anda harus duduk cukup tinggi untuk memungkinkan siku Anda diposisikan di atas tombol dengan lengan hampir sejajar dengan lantai. Anda dapat memilih bangku yang bisa disesuaikan atau menggunakan alat peraga seperti buku telepon untuk mengangkat kursi jika diperlukan.

2. Jika kaki Anda tidak dapat menyentuh lantai dengan rata, Anda dapat menggunakan sandaran kaki dan atau penyangga serupa di bawah kaki Anda untuk penyangga. Kaki yang terjuntai memberi tekanan ekstra pada pinggul dan punggung bawah karena mereka gagal menopang kaki.

Peregangan

Tips di atas akan membantu mengatur Anda untuk mengurangi ketegangan otot saat bermain piano. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk meregangkan tubuh, terutama otot yang paling banyak mengalami stres. Peregangan juga akan membantu Anda menyadari tubuh Anda dan memberi Anda waktu istirahat. Lakukan peregangan berikut sebelum dan sesudah latihan, dan pada interval 30-45 menit selama sesi.

1. Angkat lengan di atas kepala dan perlahan-lahan turunkan ke sisi Anda. Ini membantu memperpanjang tulang belakang.

2. Gulung bahu ke belakang.

3. Genggam tangan Anda di belakang dan tarik ke belakang, buka dada.

4. Genggam tangan Anda di depan dada dengan telapak tangan menghadap ke luar dan dorong keluar. Ini meregangkan punggung atas.

5. Turunkan satu lutut dengan kedua lutut pada sudut 90 derajat. Bersandar ke depan. Paru parsial ini meregangkan fleksor pinggul, yang biasanya kencang pada orang yang duduk dalam waktu lama.

Sumber daya tambahan

Jika Anda memerlukan instruksi tambahan, pertimbangkan Teknik Alexander. Program ini dirancang untuk membantu musisi dan pemain mendapatkan postur dan pola gerakan yang ideal. Anda dapat memilih untuk berlatih dengan instruktur atau belajar mandiri. Informasi tentang Teknik Alexander dapat ditemukan di http://www.alexandertechnique.com/.

Terapi gerakan seperti yoga dan Pilates membantu meningkatkan kesadaran tubuh dan memperkuat inti, kelompok otot yang memainkan peran utama dalam mempertahankan postur yang tepat. Anda dapat memilih untuk berpartisipasi dalam kelas atau belajar di rumah menggunakan video atau DVD online untuk instruksi.

Anda dapat menghindari sakit punggung saat memainkan piano dengan menggunakan tubuh Anda dengan benar. Tips di atas akan membantu menjaga musik tetap hidup tanpa rasa sakit.

Menyediakan Berbagai Obat Herbal NASA
Save No WA : 085-726-366-155



Source by Amee LaTour

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

%d blogger menyukai ini: