Apa itu Yoga Asana?

Terlepas dari sekolah atau jenis yoga apa yang kita praktikkan, tidak mungkin banyak dari kita yang benar-benar berlatih yoga. Sebaliknya, kita lebih cenderung berfokus pada hanya 1 dari 8 anggota tubuh yoga – yoga asana.

Yoga asana adalah posisi fisik dan postur yoga yang dimulai benar-benar mulai berkembang penting dengan perkembangan Hatha Yoga. Meskipun tanggal yang tepat belum diketahui dengan pasti, yoga telah ada jauh lebih lama daripada praktik asana modern.

Asana ini telah dikembangkan lebih dari 1500 tahun untuk meningkatkan kesehatan fisik sebagai bagian dari praktik yoga Hatha yang lebih besar. Setiap asana dirancang dengan hati-hati untuk fokus pada area tubuh tertentu. Efek spesifik asana meliputi:

  • Membangun kekuatan pada kelompok otot tertentu
  • Meregangkan jaringan lunak tertentu termasuk otot, ligamen, dan tendon
  • Membuka sambungan khusus
  • Mengembangkan keseimbangan dan konsentrasi
  • Memijat dan merangsang organ internal

Secara individual efek ini dapat memiliki manfaat yang signifikan, tetapi dengan menggabungkan asana individu ke dalam rutinitas yang dikembangkan dengan hati-hati dan seimbang, praktisi yoga Hatha dapat mengembangkan seluruh tubuh fisik, fungsi organ internal, dan kejernihan mental.

Bagaimana cara kerja yoga asana

Meskipun yoga dan asana tidak dianggap ilmiah oleh definisi barat, praktik asana dianggap oleh guru yoga sangat hati-hati dikembangkan dan disempurnakan berdasarkan beberapa prinsip mendasar yang dikembangkan dengan baik dan tujuan kesehatan.

Gravitasi

Salah satu prinsip utama asana adalah gravitasi. Asana menggunakan gravitasi dalam berbagai cara, yang terpenting adalah dalam mengembangkan kekuatan. Dengan menahan berat badan pada lengan atau kaki, asana dapat mengembangkan kekuatan tubuh bagian atas atau kaki dan otot dengan cara yang sama seperti seorang atlet angkat besi di gym. Dengan yoga asana, berat yang ditolak hanya bervariasi dengan berat tubuh kita sendiri, dan setiap pose hanya dapat menerapkan jumlah berat tubuh yang sama, artinya semua otot dikembangkan secara proporsional selama masing-masing pose dilakukan untuk jumlah waktu yang setara. Setelah kita dapat dengan mudah menahan berat badan dalam pose tertentu, menahan pose itu untuk membangun kekuatan dan stamina tambahan.

Aliran darah dan nutrisi

Aliran darah ke area tubuh tertentu membawa banyak manfaat kesehatan. Dengan bekerja otot-otot tertentu, jaringan lunak dan sendi, tubuh membawa aliran darah tambahan memberikan oksigen yang dibutuhkan. Darah tambahan ini juga membawa nutrisi yang dibutuhkan ke area-area tersebut, yang penting untuk kesehatan umum serta pemulihan cepat dari cedera dan kerusakan. Cara kunci untuk membawa darah ke area ini adalah melalui peregangan. Selain peningkatan aliran darah, peregangan melonggarkan dan melemaskan jaringan lunak seperti otot, ligamen dan tendon dan membuka sendi, yang semuanya membantu untuk meredakan ketegangan dan tekanan pada saraf di area ini.

Napas dalam-dalam

Selama latihan asana, kita didorong untuk mengendalikan napas kita dengan inhalasi dan pernafasan yang dalam. Dalam beberapa pose bahkan didorong untuk tetap bernafas dengan paru-paru penuh atau paru-paru kosong selama 20 detik hingga 1 menit. Manfaat pertama dari pernapasan yang terkendali ini adalah membawa fokus dan kesadaran kita ke masa kini, ke tindakan kita saat ini. Dengan dapat mengendalikan fokus ini, kita dapat meningkatkan konsentrasi kita. Kedua dengan bernapas dengan cara yang terkendali ini, kami meningkatkan efisiensi sistem pernapasan kami, membawa lebih banyak oksigen ke tubuh dan ke organ-organ, otot-otot dan jaringan lunak yang sedang dikerjakan.

Sistem saraf pusat dan organ internal

Meskipun teks yoga tidak cenderung menggambarkan yoga dalam istilah yang digunakan oleh kedokteran modern, banyak konsep analog dengan struktur medis. Dengan saraf terwakili sebagai Nadis atau saluran energi dan Chakra mewakili kelenjar utama. Tujuan asana adalah untuk meremajakan seluruh tubuh dengan mengkondisikan sistem individual ini untuk memastikan mereka bekerja secara optimal.

Salah satu fokus utama asana adalah pada sistem saraf pusat, yang terdiri dari tulang belakang dan otak. Dalam yoga ini bisa disebut sebagai Nadis dan mahkota Chakra. Sistem Saraf Pusat adalah salah satu struktur paling kritis dalam tubuh manusia, mengendalikan semua gerakan dan pikiran dan meneruskan sinyal kontrol ke semua saraf di seluruh tubuh. Jelas jika fungsi saluran kontrol inti ini terhambat, itu dapat memiliki efek pada fungsi seluruh tubuh. Salah satu contoh paling sederhana dari ini adalah melalui sakit punggung dan linu panggul. Melalui ketidaksejajaran, atau kerusakan pada disk tulang belakang atau tulang belakang yang melindungi saraf tulang belakang dan saraf akar, saraf yang sama dapat terjepit atau teriritasi yang dapat menyebabkan rasa sakit dan mati rasa di punggung, serta rasa sakit dan mati rasa yang disebutkan di belakang, serta rasa sakit dan mati rasa. di kaki atau kaki. Sementara penyebab kerusakan pada tulang belakang bisa banyak dan beragam, postur yang buruk adalah penyebab utama sakit punggung. Asana untuk tulang belakang membantu membawa cairan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan lunak yang rusak dan dapat secara efektif menyembuhkan masalah punggung. Namun asana ini tidak selalu mencukupi karena postur yang buruk dan sakit punggung juga dapat disebabkan oleh unsur-unsur lain seperti otot hamstring yang kencang di belakang kaki atau gluteus dan kelompok otot piriformis di bokong. Oleh karena itu diperlukan pendekatan holistik untuk memperbaiki cedera punggung.

Sistem kunci lain yang dirancang untuk ditangani asana adalah sistem kelenjar dan limfatik, khususnya sistem endokrin. Kelenjar endokrin, yang meliputi timus, tiroid, pineal hipofisis, hipotalamus, kelenjar adrenal dan seks melepaskan sekresi mereka langsung ke aliran darah. Sekresi yang dibuat oleh kelenjar-kelenjar ini memiliki efek yang sangat dalam pada fungsi kesehatan tubuh mengendalikan segala sesuatu mulai dari tinggi dan berat hingga metabolisme dan emosi. Asana dirancang untuk menstimulasi kelenjar-kelenjar ini dalam berbagai cara mulai dari meningkatkan aliran darah hingga ke otak (hipotalamus, hipofisis, dan pineal) atau tiroid di leher untuk memijat dengan lembut dan merangsang melalui tikungan dan tikungan perut.

Sistem kunci berikutnya yang merangsang asana adalah organ internal dan sistem pencernaan. Kedua sistem ini sangat penting untuk mengambil nutrisi dan mengeluarkan limbah dan racun dari tubuh, dan sangat penting untuk kesehatan yang baik. Asana meningkatkan fungsi sistem ini melalui rangsangan dan pijatan lembut yang diberikan oleh tikungan dan putaran perut serta gerakan pinggul dan kaki.

Menyediakan Berbagai Obat Herbal NASA
Save No WA : 085-726-366-155



Source by Jez Heath

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

%d blogger menyukai ini: