Kontrol Suasana Hati – Makanan, Neurotransmiter Dan Mengembalikan Ketenangan Anda

Anda dan saya tahu bahwa kami tidak selalu dapat mengendalikan apa yang terjadi dalam hidup kami, tetapi kami dapat mengontrol bagaimana kami meresponsnya. Apa yang terjadi ketika Anda mengalami minggu yang buruk, peri-menopause atau pra-menstruasi? Yah sains mungkin punya jawaban.

Izinkan saya memperkenalkan Anda pada dunia kimia otak dan sekelompok bahan kimia alami yang kuat di otak yang disebut neurotransmiter. Jaringan komunikasi di otak Anda adalah labirin koneksi multi-triliun yang mampu melakukan perhitungan 20 juta-miliar per detik. Ya, saya katakan 20 miliar!

Bagaimana jaringan yang rumit ini beroperasi? Nah ada tiga pemain utama:

  • Neuron, yang memberdayakan pesan,
  • Neurotransmitter, yang membuat pesan dan
  • Reseptor, yang menerima pesan.

Dengan kata sederhana, neurotransmitter adalah pembawa pesan kimia yang dilepaskan dari satu sel saraf yang menemukan jalannya ke sel saraf lain di mana ia mempengaruhi reaksi kimia tertentu untuk terjadi. Neurotransmitter mengontrol fungsi tubuh utama termasuk gerakan, respons emosional, dan kemampuan fisik kita untuk mengalami kesenangan dan rasa sakit.

Neurotransmitter juga mengatur fungsi spesifik gerak dalam tubuh kita dan sistem saraf kita. Pemancar ini dapat menciptakan dan mengendalikan berbagai perasaan, suasana hati dan bahkan pikiran – mulai dari depresi, kecemasan dan kecanduan, hingga perasaan percaya diri, hingga harga diri yang tinggi atau rendah, semangat bersaing dan bahkan dapat memengaruhi tidur nyenyak kita.

Ketidakseimbangan neurotransmitter dapat menyebabkan Depresi, kecemasan, serangan panik, insomnia, iritasi usus, disfungsi hormon, gangguan makan, fibromyalgia, obsesi, kompulsi, disfungsi adrenal, sakit kronis, sakit kepala migrain, dan bahkan kematian dini. Penelitian ilmiah dan medis menunjukkan bahwa otak kita menggunakan lebih dari 35 neurotransmiter yang berbeda, beberapa di antaranya dapat kita kendalikan dan beberapa di antaranya tidak bisa.

Tampaknya, bagaimanapun, bahwa kita dapat mengendalikan lima neurotransmiter utama dengan olahraga dan nutrisi, dan dengan pikiran dan perilaku kita.

Sebagian besar neurotransmiter terbuat dari asam amino yang diperoleh dari protein dalam makanan yang Anda konsumsi. Dua dari neurotransmiter yang paling penting adalah serotonin dan dopamin, kadang-kadang disebut sebagai 'happy & # 39; narkoba. Mereka tampaknya memainkan peran utama dalam menentukan suasana hati dan pikiran kita.

Dopamin, bahan bakar untuk antusiasme dan motivasi

Otak menggunakan dopamin untuk menstimulasi gairah, kewaspadaan, kesadaran dan semangat kompetitif kita (suatu bentuk agresi ringan). Dopamin juga penting untuk pergerakan otot yang terkoordinasi.

Dopamin adalah neurotransmitter yang dibutuhkan untuk asertivitas yang sehat dan gairah seksual, fungsi sistem kekebalan tubuh dan sistem saraf otonom yang tepat. Dopamin penting untuk motivasi dan rasa kesiapan untuk memenuhi tantangan hidup.

Salah satu neurotransmiter kunci yang paling rentan, kadar dopamin terkuras oleh stres atau kurang tidur. Alkohol, kafein, dan gula juga tampaknya mengurangi aktivitas dopamin di otak. Ini mudah teroksidasi, oleh karena itu kita perlu makan banyak buah dan sayuran yang antioksidannya membantu melindungi neuron yang menggunakan dopamin dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dopamin dibuat dari asam amino tirosin. Sekali diproduksi, dopamin dapat, pada gilirannya, diubah menjadi bahan kimia otak norepinefrin dan epinefrin.

Kadar dopamin yang rendah dapat menyebabkan depresi, kekurangan energi, kebutuhan tidur yang berlebihan, dan bahkan dapat membuat Anda menarik diri dari kejadian sehari-hari, seperti pergi bekerja atau ingin bersama orang lain.

Dopamin adalah unsur pembangun untuk produksi adrenalin, yang merangsang kita untuk bertindak jika kita takut atau cemas. Obat-obatan alami ini juga diperlukan agar kita dapat bersaing, terutama dalam kehidupan olahraga, bisnis, dan perusahaan yang sangat kompetitif.

Tingkatkan kewaspadaan Anda dengan protein. Tanpa mempelajari kimia otak secara terperinci, sejumlah kecil (100 hingga 150 gram) makanan kaya protein akan meningkatkan kadar dopamin dan memiliki efek signifikan pada suasana hati dan fungsi otak Anda. Efeknya dapat dirasakan dalam 10 hingga 30 menit. Makanan protein dipecah menjadi blok pembangun asam amino selama pencernaan. Satu asam amino, yang disebut tirosin, akan meningkatkan produksi dopamin, atau epinefrin dan epinefrin. Neurotransmiter ini dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan tingkat kewaspadaan dan energi. Tidak ada yang makan tirosin murni, tetapi makan makanan tinggi protein akan memberi Anda sedikit dorongan mental. Makanan berprotein tinggi termasuk ikan, unggas, daging, dan telur. Jika Anda tidak bisa memakannya, cobalah makanan berprotein tinggi yang juga mengandung banyak karbohidrat, seperti kacang-kacangan, keju, susu, atau tahu.

Banyak dari kita makan sarapan karbohidrat tinggi karena sereal telah menjadi bentuk umum dari makan pagi. Salah satu teman saya adalah seorang ahli farmasi yang sangat disegani dan menurut pendapatnya sarapan adalah waktu hari untuk makan makanan berprotein tinggi.

Serotonin, ambil kembali ketenanganmu

Serotonin adalah neurotransmitter penenang yang penting untuk menjaga suasana hati yang baik, perasaan puas dan bertanggung jawab untuk tidur normal. Selain sistem saraf pusat, serotonin juga ditemukan di dinding usus (sistem saraf enterik) dan di sel-sel trombosit yang mendorong pembekuan darah.

Serotonin memainkan peran penting dalam mengatur ingatan, pembelajaran, dan tekanan darah, serta nafsu makan dan suhu tubuh. Kadar serotonin yang rendah menghasilkan insomnia dan depresi, perilaku agresif, peningkatan sensitivitas terhadap rasa sakit, dan dikaitkan dengan gangguan makan obsesif-kompulsif.

Neurotransmitter ini juga membantu otak fokus, mempertinggi tingkat konsentrasi Anda.

Tingkat serotonin yang rendah dapat menciptakan kecemasan, perasaan tidak aman, marah, takut, depresi, dan bahkan dapat memicu pikiran untuk bunuh diri. Sekarang, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Anda makan lebih banyak di musim dingin? Ini banyak berhubungan dengan tingkat serotonin Anda, atau kekurangan Anda dan kondisi yang disebut SAD atau Seasonal Affected Disorder.

Dengan kurangnya sinar matahari di musim dingin, tubuh menghasilkan kadar hormon yang disebut melatonin yang lebih tinggi, yang mengonsumsi serotonin Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika ini terjadi, tubuh sangat membutuhkan karbohidrat, yang menghasilkan serotonin dan membuat kita merasa baik. Inilah saatnya kita menginginkan makanan yang menenangkan seperti biskuit, pizza, atau cokelat!

Makan karbohidrat akan memicu pelepasan insulin ke dalam aliran darah. Insulin berfungsi membersihkan semua asam amino dari darah, dengan pengecualian triptofan. Tryptophan adalah asam amino yang normalnya dikerumuni oleh asam amino lain dalam usahanya untuk melintasi sawar darah otak, tetapi ketika para pesaingnya keluar dari jalurnya, ia memasuki otak. Setelah di otak, triptofan dikonversi menjadi serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang memiliki efek mengurangi rasa sakit, mengurangi nafsu makan, dan menghasilkan rasa tenang, dan dalam jumlah yang terlalu besar, menyebabkan tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa para pelaku diet cenderung mengalami depresi sekitar dua minggu ke dalam diet, tentang waktu kadar serotonin mereka turun karena berkurangnya asupan karbohidrat.

Di musim panas sinar matahari mengurangi produksi melatonin, pemakan serotonin dan karenanya lebih mudah untuk diet di musim panas. Musim panas membuat kami merasa hebat dan teori ini dapat menjelaskan mengapa orang-orang menuju matahari selama musim dingin.

Ini memberi saya petunjuk mengapa saya menjadi pecandu karbohidrat – semakin banyak karbohidrat yang saya makan semakin banyak serotonin yang saya hasilkan dan seperti halnya pecandu narkoba saya semakin membutuhkan karbohidrat untuk mendapatkan tendangan yang lebih tinggi dan lebih tinggi dari barang-barang yang terasa & lebih baik. # 39 ;. Hasilnya adalah saya menjadi gemuk, meskipun saya pergi ke gym empat atau lima kali seminggu! Tingkat energi saya menurun, saya terus-menerus lelah dan menjadi sangat sulit untuk hidup bersama. Saya tidak ingin pergi ke gym. Saya overdosis pada karbohidrat yang mengarah ke kelainan hormon lain yang disebut resistensi insulin.

Serotonin disintesis dari triptofan dengan adanya vitamin B1, B3, B6, dan asam folat yang memadai. Sumber makanan terbaik triptofan termasuk beras merah, keju, daging, kacang tanah, dan biji wijen. Kolin adalah vitamin B kompleks lain yang terkonsentrasi pada makanan kolesterol tinggi seperti telur dan hati. Kurangnya kolin dapat menyebabkan gangguan memori dan konsentrasi. Kolin adalah prekursor neurotransmitter otak, asetilkolin. Asetilkolin dikaitkan dengan memori. Orang yang diberi obat yang menghambat tes memori gagal asetilkolin. Kadar asetilkolin yang rendah telah dikaitkan dengan penyakit Alzheimer dan memori yang buruk. Alasan yang bagus untuk mengembalikan telur ke dalam rencana diet Anda!

Bagaimana Anda Dapat Mengontrol Obat-obatan bahagia alami & # 39 ;.

Menjadi seimbang adalah jawabannya, tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Protein atau karbohidrat berlebih dari waktu ke waktu pada akhirnya akan memiliki efek samping yang akan memengaruhi perasaan dan perilaku Anda di tempat kerja dan di rumah.

Makan makanan tertentu dan berolahraga di tingkat yang tepat, pada waktu yang tepat untuk gaya hidup Anda adalah batu kunci untuk mengendalikan suasana hati Anda dan menghasilkan perasaan bahagia dan relaksasi.

Jika Anda seorang atlet profesional, Anda memerlukan pendekatan berbeda untuk mengendalikan neurotransmitter Anda kepada seorang guru, sopir taksi, atau CEO. Selain itu, kimia tubuh setiap orang berbeda dan perlu diperhitungkan. Saya sarankan Anda berkonsultasi dengan ahli gizi yang memahami bagaimana makanan dan neurotransmitter bekerja untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dan gaya hidup Anda.

Ada lebih banyak hal untuk kimia otak, kontrol suasana hati dan kinerja puncak, tetapi itu makanan untuk artikel lain.

TIP CEPAT

Sejumlah kecil (100 hingga 150 g) makanan kaya protein akan meningkatkan kadar dopamin dan memiliki efek signifikan pada suasana hati dan fungsi otak Anda. Itulah sebabnya banyak ahli gizi merekomendasikan sedikit protein untuk sarapan Anda. Ini meningkatkan energi Anda dan memberi Anda terburu-buru untuk merebut hari.

Daftar Cara untuk Mengontrol Neurotransmitter

Beberapa protein yang mempengaruhi kadar dopamin adalah:

  • Ikan seperti salmon, tuna yang belum diolah, dan menggelepar.
  • Ayam tanpa kulit, telur dan kalkun.
  • Sejumlah kecil daging merah.
  • Kacang, buncis dan lentil.
  • Latihan aerobik dan kadar dopamin

    Jika Anda perlu mengurangi sementara tingkat dopamin Anda untuk bersantai, tidak kompetitif (mengapa tidak kompetitif? Persaingan meningkatkan kadar dopamin) latihan aerobik dapat membantu seperti:

    • Berlari dan berjalan untuk manfaat kesehatan yang efektif.
    • Lewati.
    • Mendayung di gym.
    • Bersepeda yang kuat di gym atau sepeda olahraga di rumah.

    Beberapa karbohidrat yang memengaruhi kadar serotonin

  • Biji-bijian utuh seperti beras merah, gandum, dan jagung.
  • Roti, pasta, dan bagel berkualitas baik.
  • Sayuran seperti kentang dan labu.
  • Gula sederhana.
  • Latihan dan serotonin

    Untuk mengontrol Serotonin, Anda perlu olahraga yang kurang kuat seperti:

    • Berjalan-jalan di taman atau di sepanjang pantai favorit Anda.
    • Bersepeda lembut di sepanjang tepi sungai atau jalur sepeda datar.
    • Latihan peregangan.
    • Yoga yang Lembut.
    • Bacaan.
    • Mendengarkan musik.
    • Meditasi dan bahkan doa (Jenis doa terbaik untuk mengendalikan kadar serotonin adalah doa syukur).

    Menyediakan Berbagai Obat Herbal NASA
    Save No WA : 085-726-366-155



    Source by Annie Robinson

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Kategori

    %d blogger menyukai ini: