Zhan Zhuang – 5 Latihan Meditasi Berdiri Untuk Kesehatan dan Seni Bela Diri

Zhan zhuang diterjemahkan sebagai “berdiri seperti pohon” dan merupakan praktik Tiongkok kuno untuk mengolah energi internal. Awalnya digunakan untuk mengembangkan pikiran dan semangat seniman bela diri, itu juga ditemukan sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan umum, dan bantuan relaksasi yang luar biasa. Saat ini, zhan zhuang digunakan oleh para praktisi seni bela diri Tiongkok dan oleh orang-orang yang ingin menghilangkan tekanan hidup abad ke-21.

Salah satu guru zhan zhuang yang paling terkenal adalah Tuan Lam Kam Chuen. Ia mengajarkan berbagai macam latihan qigong, memungkinkan pemula yang absolut untuk mendapatkan manfaat dari latihan meditasi berdiri sederhana. Lima teknik berikut membentuk fondasi zhan zhuang dan dapat digunakan setiap hari untuk merilekskan tubuh dan pikiran.

Postur Pertama – Wu Ji

Semua latihan zhan zhuang dimulai dengan postur penting ini, yang dirancang untuk bersantai dan mempersiapkan tubuh dan pikiran. Berdirilah dengan kaki selebar bahu dan lengan digantung ke samping. Relakskan bahu dan leher, pegang kepala seolah ditangguhkan dari atas. Jaga agar lutut tetap rileks dan tidak terkunci, dan selipkan di bawah; jangan biarkan perut atau bagian bawah menonjol saat latihan. Bernapaslah dalam-dalam dan lembut, menghirup dan menghembuskan napas melalui hidung. Mulut harus ditutup tetapi tidak tertutup rapat. Terus memegang posisi ini dan biarkan pikiran Anda berkeliaran di sekitar tubuh Anda mencari ketegangan. Setiap kali ketegangan ditemukan, secara sadar rilekskan bagian itu dan lanjutkan. Berlatihlah sampai Anda dapat melakukannya dengan mudah selama lima menit.

Postur Kedua – Memegang Bola

Posisi ini dan posisi berikut harus dipraktekkan dengan ketenangan pikiran yang sama, dengan kepala terasa ringan dipegang dari atas, dan dengan semua anggota badan terasa berat tetapi santai. Postur kedua disebut “memegang bola” dan melibatkan mengangkat lengan ke depan tubuh sehingga tangan setinggi dada dengan pergelangan tangan dipisahkan oleh lebar bahu, telapak tangan menghadap ke arah dada, jari-jari santai, dan siku tenggelam. di bawah tangan. Tahan postur ini selama lima menit sambil memeriksa daftar mental yang sama, mencari dan meredakan ketegangan.

Postur Ketiga – Memegang Perut Anda

Untuk latihan ini bayangkan Anda memiliki perut yang sangat besar. Angkat lengan Anda dari posisi awal Wu Ji, sehingga mereka dipegang sejajar dengan perut, telapak tangan terbuka dan rileks, jari-jari dengan lembut membelah. Tenggelam sedikit berat (sekitar dua inci) dengan menekuk lutut. Relakskan lengan Anda, membentuk lengkungan panjang dari setiap bahu, turun ke lengan. Jari-jari masing-masing tangan harus menunjuk ke arah lutut yang berlawanan. Seharusnya Anda merasa ringan memegangi perut besar itu. Ketika latihan Anda berlanjut dari waktu ke waktu dan daya tahan Anda tumbuh, Anda harus bertujuan untuk memegang posisi untuk periode waktu yang lebih lama.

Postur Keempat – Berdiri dalam Stream

Tenggelamkan berat badan Anda dari posisi Wu Ji empat inci, dan bayangkan Anda berdiri di aliran yang mengalir ke arah Anda. Raih tangan Anda ke kedua sisi, telapak tangan setinggi pinggang. Bayangkan bola-bola kecil dipegang di bawah telapak tangan Anda dan aliran sungai berusaha untuk membasuhnya; secara mental cegah ini dengan menekannya dengan lembut. Jangan biarkan bahu terangkat atau tegang selama latihan ini. Biarkan pikiran Anda menemukan dan melepaskan ketegangan apa pun, dan tahan postur selama lima menit untuk memulai dan kemudian secara bertahap menambah waktu latihan.

Postur Kelima – Memegang Bola di Depan Wajah Anda

Sejauh ini, ini adalah latihan yang paling menantang. Dari posisi Wu Ji, turunkan berat badan serendah mungkin, tetapi jangan biarkan lutut Anda bergerak ke depan melewati jari kaki. Angkat lengan Anda sehingga kedua tangan selebar bahu dan pegang setinggi wajah, telapak tangan menghadap ke depan. Anda harus membayangkan bola di depan wajah Anda dan dengan lembut Anda membimbingnya ke depan. Jangan biarkan ada ketegangan di lengan Anda. Jaga punggung Anda lurus dan jangan condong ke depan. Anda mungkin hanya dapat memegang posisi ini untuk periode waktu yang singkat untuk memulai, tetapi kegigihan akan membayar dividen. Coba tahan hingga lima menit.

Setelah Anda membangun daya tahan Anda dan dapat melakukan semua lima postur tanpa membuat ketegangan di tubuh Anda, Anda dapat bergerak ke siklus penuh: tahan setiap posisi selama lima menit, mulai dari Postur Pertama, lalu Kedua, kemudian Kelima, lalu Keempat, lalu Ketiga, dan akhirnya selesai dengan lima menit lagi di Postur Pertama.

Zhan Zhuang adalah bentuk latihan kardiovaskular berdampak rendah yang luar biasa, dan jika Anda tetap menggunakannya, Anda akan menemukan bahwa – dalam kata-kata Lam Kam Chuen – Anda bisa berdiri diam dan bugar!

Menyediakan Berbagai Obat Herbal NASA
Save No WA : 085-726-366-155



Source by Arthur Foreman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

%d blogger menyukai ini: